Suka Jejepangan = Gak Nasionalis ?

0 min read


Minna, saya mau tau nih pendapat kalian tentang judul postingan ini. saya pernah jalan jalan di sebuah grup jejepangan gitu dan ada bahasan seperti judul diatas, jadi saya langsung berpikir bagaimana sih pendapat para kalian semua ?

Langsung saja, saya sempat terdiam sejenak memikirkannya. Lalu beginilah pendapat saya :

Menurut saya pribadi, saya tetap cinta indonesia, toh saya dilahirkan di negara ini, orang tua saya juga. Saya menuntut ilmu disini jadi tentu saja indonesia itu lebih berarti dari negara lainnya. Toh, saya tetap berdiri khusuk saat upacara bendera, hormat pada merah putih, suka dengan kebudayaan indonesia (Terutama jawa) karena memang saya orang jawa. Dan, menurut saya apapun hobby asalkan tidak berlebihan, tidak salah tempat dan diarahkan ke arah yang positif pasti hasilnya juga akan bagus. Ex : Tim Indonesia berhasil mendapat juara 3 di acara cosplay summit yang digelar di jepang baru baru ini, dan mereka membawa nama siapa ? Indonesia juga bukan ? Jadi, asalkan positif sih boleh boleh aja :D

Memang sih ada yang bilang kalau kita suka jejepangan itu merusak budaya kita sendiri, tapi sekali lagi, itu tergantung individu masing masing aja sih. Jadi, gimana kalau menurut minna san sekalian ?

2 komentar
Search
Menu
Theme
Share