Home  ›  Manga  ›  Review

[Manga Review] Koe No Katachi

2 min read

Yo guys, selamat malam. Udah lama nih gak ngereview manga, dan kali ini gua bakal bahas oneshot manga yang berjudul "Koe No Katachi" atau the shape of voice. Manga ini kalau gua bilang cukup spesial, ask me why oh why this manga so spesial ? Karena, Manga ini sempat bikin para editor di Jump kelabakan karna bingung apa harus dipublish atau tidak. Yeah, mungkin karena kontennya itu. Well, cukup basa basinya. Here we go :

Rincian Manga :
Tittle : Koe No Katachi
Author : Ooima Yoshitoki
Genres : Drama, Oneshot, School Life, Romance, shounen
Status : Complete

Bercerita tentang seorang anak perempuan yang mengalami disability, yaitu mengalami gangguan pendengaran yang dibully oleh teman teman di sekolah nya. Anak itu bernama Nishikawa, dia merupakan murid pindahan, dia berbicara menggunakan sebuah buku yg selalu dibawanya (well, kalian pasti tau kan kalau orang disability itu juga susah bicara), awalnya teman sekelasnya sangat baik kepadanya, cuma ada seorang anak cowok yang suka menghinanya, hingga suatu saat semua teman sekelasnya udah capek ngomong sama nishikawa karna harus menulis apa yg mau diomongin.

Lama kelamaan tidak hanya secara verbal atau hinaan, Nishikawa juga dibully srcara fisik. Hingga suatu hari orang tua nya melaporkan kepada kepala sekolah. Seluruh siswa pun menuduh anak cowok tadi, padahal jelas seluruh kelas yg membully nya. Disini lah kenapa gua bilang setiap orang itu bisa dibully atau membully. Well, endingnya sebaiknya kalian baca sendiri di situs baca manga favorit kalian.

My opinion of this Manga :

First of first Thumbs up gua kasih buat si jenius Oomiya sensei yang berhasil membuka mata kita semua yang membaca karyanya ini. Fyi, manga ini sempat ditolak berkali kali sebelum akhirnya dipublish, dan itupun melalui debat yang cukup panas.

Manga ini mengajarkan kita bagaimana setiap orang itu bisa dibully maupun membully. Dan kalian akan menemukan kalau kita semua (termasuk gua) kebanyakan menutup mata dengan apa yang terjadi di sekitar, terlalu sibuk dengan urusan masing masing. Kalian juga akan merasa benci sama gurunya yang bahkan juga tidak melakukan apa apa. Merasa benci kepada sekitar nishimiya, Merasa pity kepada Nishimiya. Merasa kalau dunia tidak adil (And sorry, dunia memang tidak adil, never). Setidaknya itu yg gua rasain, seandainya semua orang bisa saling mengerti, saling mendengar dan tidak terlalu self centered dengan idealisme masing masing, gua rasa dunia ini bakal lebih indah. Setidaknya, itu yang  ingin ditekankan sang author di manga ini (Pengalaman pribadi sih gua rasa lol). Put aside the joke, yang paling penting adalah Manga ini sempat bikin gua EMOSIIII JIWAAAAAAAA

Nilai (+) dari manga ini :
Membully itu tidak baik, lebih baik menabung ^^v. Beside, gak semua orang dilahirkan sempurna, kita harus menghargai setiap kekurangan fisik seseorang. Somehow manga ini ngingatin gua sama teman SD gua yang suka dibully dulu Dan yeah gua cuma ikut ikutan tertawa dan tidak membuka mata waktu itu.

Nilai (-) dari manga ini :
Well, gua sendiri ga tau apa yang negatif, menurut gua tergantung tiap orang, karna yang gua bilang positif disini malah bisa juga menjadi negatif, dan itu menurut gua yang membuat pihak jump sampe berdebat keras tentang manga ini, mungkin karna manga ini malah bisa membuat anak anak suka membully.

Rating gua kasih 9/10.

Note : Pihak shounen telah memberi kabar bahwa Manga ini akan diserialisasikan di majalah mereka yang terbit setiap minggu, sebelumnya Oneshot ini diterbitkan di Bessatsu

Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share